E Lesmana
Blog Universitas Komputer Indonesia

Rambu Rambu dalam K3

Rambu K3 atau safety sign merupakan suatu petunjuk atau informasi tanda – tanda bahaya di lingkungan kerja yang berkaitan dengan kesehatan dan keselamatan kerja bagi setiap pekerja.

Dengan adanya Rambu rambu K3 tersebut tentu diharapkan setiap orang yang bekerja atau berada di lingkungan kerja termasuk tamu dan kontraktor dapat mengantisipasi kemungkinan adanya bahaya di lingkungan kerja sedini mungkin sehingga potensi bahaya dapat diminimalisir dan di cegah agar tidak terjadi.

Rambu rambu K3 juga menjadi sebuah alat edukasi dari bahaya dan potensi bahaya di lingkungan kerja. Berikut contoh rambu rambu K3 di lingkungan kerja yang Anda harus tahu dan pahami!

Fungsi Rambu – Rambu K3

Rambu rambu K3 menjadi sebuah alat komunikasi yang sangat efektif bagi masing – masing orang yang berada di lingkungan kerja. Adapun beberapa manfaat atau fungsi dari adanya rambu – rambu K3 sebagai berikut ini :

  1. Mengingatkan kepada masing – masing pekerja atau kepada orang lain yang berada di area perusahaan mengenai potensi bahaya serta tentang bagaimana cara yang bisa dilakukan orang yang bersangkutan untuk menghindari potensi bahaya yang berkemungkinan terjadi tersebut.
  2. Menunjukkan keberadaan potensi bahaya yang tidak terlihat
  3. Menyediakan berbagai macam informasi umum serta memberikan pengarahan
  4. Memberikan suatu petunjuk terhadap lokasi penyimpanan berbagai peralatan darurat yang dibutuhkan jika terjadi kendala atau bahaya
  5. Membantu setiap pekerja atau orang lain yang berada di area perusahaan ketika proses evakuasi dalam kondisi darurat sedang terjadi
  6. Meningkatkan awareness atau kesadaran serta sekaligus kepedulian bagi pekerja atau orang lain yang berada di area perusahaan tentang bahaya yang berpotensi terjadi di lingkungan tempat kerja
  7. Membantu perusahaan untuk mendapatkan sertifikasi SMK3, ISO, OHSAS dan sertifikasi lainnya yang penting bagi perusahaan
  8. Memenuhi berbagai macam persyaratan serta peraturan keselamatan kerja

Sesuai dengan dasar hukum K3 yakni peraturan PP nomor 50 tahun 2012, disebutkan bahwa rambu rambu K3 menjadi bagian yang sangat penting bagi penerapan smk3 (sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja) di perusahaan. Sebuah perusahaan juga memiliki kewajiban untuk memasang rambu – rambu K3 sesuai dengan standar serta pedoman teknis yang berlaku.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 17 Oktober 20 - 02:04 WIB
Dibaca sebanyak : 32 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback